Edukatif! Mahasiswa KKN Tim I Undip Memberikan Edukasi dan Demonstrasi Sederhana tentang Gizi Seimbang di SDN 03 Warungpring

Siswa Kelas 6B SDN 03 Warungpring menyimak edukasi tentang Gizi Seimbang untuk Anak Sekolah (Foto: Fajar Sakti Sanubari/Mahasiswa Tim I KKN Undip 2022/2023 Desa Warungpring)

Pemalang (21/01/2023). Anak usia sekolah pada umumnya berusia 7-12 tahun. Anak usia sekolah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat meskipun lebih lambat daripada fase hidup sebelumnya, yaitu usia prasekolah. Anak usia sekolah memiliki aktivitas yang padat dan mulai mengembangkan berbagai keterampilan. Oleh karena itu, anak usia sekolah membutuhkan asupan gizi yang memadai untuk mengimbangi hal tersebut. 
Gizi bisa menjadi masalah bagi anak apabila anak mengalami kekurangan gizi ataupun kelebihan gizi. Anak yang mengalami kekurangan gizi mudah mengantuk dan tidak bersemangat sehingga dapat mengganggu proses belajar dan prestasi. Namun, di sisi lain jika anak mengalami kelebihan gizi anak akan berisiko mengalami penyakit tidak menular dan kondisi mentalnya bisa terganggu karena mengalami perundungan dari teman-temannya. Dengan demikian, asupan makanan bagi anak sudah semestinya seimbang.
Namun, pada faktanya banyak anak usia sekolah yang hanya memilih makanan yang mereka sukai tetapi tidak bergizi seimbang seperti jajanan yang tidak terjamin kualitas gizi dan kebersihannya. Anak tidak selalu dalam pengawasan orang tua atau orang-orang dewasa lainnya sehingga mereka bisa bebas memilih makanan yang mereka sukai tanpa mempertimbangkan kandungan gizi dan kebersihan makanan.
Peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang penting untuk diberikan kepada anak usia sekolah. Dengan peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang, diharapkan mereka memperhatikan gizi bagi diri mereka sendiri. Diharapkan anak usia sekolah juga dapat bertanggung jawab atas kesehatannya sendiri baik saat usia sekolah maupun pada siklus-siklus usia berikutnya. 
Dari permasalahan tersebut, Aisyah Nurul Hidayah mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro yang tergabung dalam KKN Tim I Undip yang berlokasi di Desa Warungpring Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang tergerak hatinya untuk memberikan edukasi tentang gizi seimbang kepada siswa Kelas 6B SDN 03 Warungpring. Kegiatan  ini dilaksanakan pada Sabtu, 21 Januari 2023. Aisyah Nurul Hidayah dibantu oleh rekan satu kelompok KKN, yakni Edward Abiyyu Sina dengan peran mengondisikan siswa agar lebih kondusif dan Fajar Sakti Sanubari dengan peran mendokumentasikan kegiatan selama berlangsung.
Kegiatan dilakukan dengan pemaparan materi edukasi tentang gizi seimbang dan demonstrasi sederhana tentang isi piringku yang bersifat edukatif. Pada awalnya, para siswa ditanyakan apakah sudah sarapan pagi sebelum berangkat sekolah. Sebagian besar siswa menjawab tidak sarapan. Salah satu siswa diminta untuk maju ke depan untuk menceritakan alasan tidak sarapan. Alasannya tidak sarapan yaitu karena terburu-buru ke sekolah. Atas keberaniannya bercerita, mahasiswa KKN Tim I Undip memberikan hadiah. Setelah itu, teman-temannya tampak antusias dalam mengikuti kegiatan. 
Para siswa diberitahu manfaat zat-zat gizi. Adapun zat-zat gizi tersebut yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, air, dan serat. Kegiatan edukasi bersifat dua arah dengan melibatkan keaktifan siswa menyebutkan sumber masing-masing zat gizi. Pada awalnya, masih banyak sumber yang disebutkan kurang tepat. Namun, setelah diberikan edukasi para siswa sudah mulai memahami sumber-sumber zat gizi dengan tepat.

Hasil demonstrasi sederhana Isi Piringku (Foto: Aisyah Nurul Hidayah//Mahasiswa Tim I KKN Undip 2022/2023 Desa Warungpring)

Materi tentang Isi Piringku disampaikan dengan adanya demonstrasi sederhana. Pemateri menggambarkan porsi Isi Piringku di papan tulis, yaitu 1/3 bagian makanan pokok, 1/3 sayuran, serta 1/3 bagian lagi terbagi dua menjadi lauk-pauk dan buah-buahan. Salah satu siswa diminta untuk menempelkan gambar makanan yang sudah disediakan sesuai dengan fungsi makanan. Siswa tersebut melakukan demonstrasi dengan benar. Selanjutnya, salah satu siswa yang lain diminta untuk mendemonstrasikan isi piring dengan isi makanan yaitu nasi dan mie, sesuai salah satu kebiasaan makan masyarakat Indonesia. Siswa tersebut mampu menyimpulkan makanan tersebut tidak bergizi seimbang karena hanya mengandung sumber karbohidrat dan tidak mengandung zat gizi lainnya. Kedua siswa tersebut diberikan hadiah sebagai apresiasi atas keberanian mereka. Kegiatan ditutup dengan dokumentasi bersama.

Dokumentasi bersama Siswa Kelas 6B SDN 03 Warungpring (Foto: Fajar Sakti Sanubari/ Mahasiswa Tim I KKN Undip 2022/2023 Desa Warungpring)

Dari kegiatan ini, diharapkan siswa memahami gizi seimbang dan menerapkan isi piringku saat makan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, gizi mereka tetap terjaga dengan baik hingga siklus kehidupan selanjutnya.
Posted in Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *