Creative Thinking!, Mahasiswa Undip Membantu UMKM Durian untuk melakukan branding lokal di Desa Warungpring.

Warungpring (24/01/2023) – Pada Masa Kini, dimana penggunaan teknologi sudah banyak digunakan di Kota maupun Desa dapat mempermudah masyarakat untuk memeroleh informasi – informasi. Pemerolehan informasi dapat berasal dari media cetak dan online sehingga masyarakat dapat mengingat atau mengenali informasi yang disampaikan. Salah satu bentuk pemerolehan informasi cetak dapat berupa banner dimana Banner merupakan salah satu jenis iklan visual yang menampilkan pesan promosi atau informasi melalui gambar dan teks. Selain itu, dalam mengembangkan usaha khususnya pada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) tentunya memerlukan promosi dan informasi agar dapat menarik minat dan perhatian calon konsumen atas apa yang diperjual-belikannya.
Desa Warungpring terkenal dengan buah Durian  yang memiliki perpaduan 2 rasa, yaitu rasa manis dan kepahit-pahitan, Akan Tetapi setelah Melihat kondisi UMKM di Desa Warungpring khususnya pada UMKM Durian, dari segi tempat, promosi dan penyampaian informasi masih memiliki kekurangan karena para pelaku usaha memperjualkan duriannya dirumah dan sasaran pelanggan hanya orang – orang wilayah sekitar sehingga masih kurangnya informasi bagi orang pendatang dari luar Pemalang. Setelah saya observasi dan analisis terkait dengan branding atau promosi pada UMKM Durian Pak Kartubi di Desa Warungpring, Saya Diaz Rizky Aprillio selaku Mahasiswa KKN Undip melakukan Pembuatan dan Penembatan Banner serta Sharing mengenai Brand Awareness agar diharapkan mampu meningkatkan kemampuan UMKM untuk menargetkan sasarannya lebih luas dan pelanggan baik dari luar maupun lokal dapat memeroleh informasi yang jelas serta mengingat atau mengenali UMKM Durian di Desa Warungpring 
Pada saat pelaksanaan Program Monodisiplin mengenai Branding Lokal, tidak ada hambatan yang terjadi dan pemilik UMKM Durian menerima dengan hangat atas pemasangan banner ditempat usahanya. Selain itu, dengan pemasangan banner dan sharing media promosi memiliki dampak positif seperti meningkatnya informasi tentang UMKM Durian Pak kartubi, Penambahan wawasan pada pelaku usaha mengenai promosi dan meningkatnya pelanggan dengan menghubungi whatsapp pak kartubi. Oleh karena itu, dengan melakukan program monodisiplin ini diharapkan kedepannya mampu meningkatkan promosi pada UMKM Durian di Desa Warungpring sehingga mudahnya memeroleh informasi bagi masyarakat lokal maupun pendatang.
Penulis : Diaz Rizky Aprillio
Lokasi : Desa Warungpring, Pemalang
Posted in Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *