MEMILIKI KOMODITAS BERKUALITAS, MAHASISWA KKN UNDIP BUATKAN TITIK LOKASI PENGHASIL DURIAN LOKAL DAN ANEKA KERIPIK PADA GOOGLE MAPS

Warungpring (21/01/2023) – Setelah mendengar kata “Warungpring”, masyarakat pasti langsung tertuju dengan durian khasnya. Karena siapa sangka, durian khas warungpring digadang-gadang memiliki rasa yang enak dan khas. Warungpring juga menjadi salah satu dari tiga kecamatan penghasil durian berkualitas di Pemalang, diikuti oleh Kecamatan Watukumpul dan Kecamatan Bantabolang. Terdapat juga penghasil aneka keripik yang membuat mulut tidak berhenti mengunyah. Akan tetap,i sangat disayangkan bahwasanya produk lokal tersebut masih sulit ditemukan ketika memasuki wilayah Warungpring. 
Atas dasar tersebut, mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro tahun 2022/2023 berinisiatif membuatkan titik lokasi penghasil produk tersebut pada Google Maps sebagai salah satu sarana penyedia informasi dan media promosi bagi produk-produk khas tersebut. Titik lokasi pada Google Maps ini bertujuan untuk membantu para penghasil produk sekitar dalam mengenalkan produk khas Warungpring ke masyarakat luar, dan membantu masyarakat luar dalam menemukan lokasi penghasil produk khas Warungpring. 
Pembuatan titik lokasi ini ditujukan kepada UMKM penghasil durian lokal, dan UMKM penghasil keripik di Desa Warungpring. Pada titik lokasi di Google Maps tersebut ditambahkan foto-foto mengenai lokasi dan produk yang dihasilkan. Untuk diketahui, sudah terdapat empat titik lokasi penghasil durian lokal Warungpring dan satu titik lokasi penghasil keripik di Desa Warungpring. 
Selain itu, mahasiswa Undip juga menyerahkan teknologi ini ke penjual produk tersebut dengan harapan teknologi ini dapat mempromosikan produk-produk khas Desa Warungpring melalui media online ke masyarakat luar serta dapat menambah pendapatan bagi para pelaku UMKM tersebut. Diharapkan juga dengan adanya teknologi ini masyarakat luar terbantu dalam mencari tempat-tempat penghasil produk khas Warungpring melalui media online, terutama Google Maps.
Penulis : Fajar Sakti Sanubari – Informatika – Fakultas Sains dan Matematika – Universitas Diponegoro
Lokasi : Desa Warungpring, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang
Dosen Pembimbing Lapangan : Jenian Marin, S.T., M.Eng. dan Zaki Ainul Fadli., S.S., M.Hum.
Posted in Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *