KASUS DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) MENINGKAT! MAHASISWA UNDIP ADAKAN SOSIALISASI MENGENAI PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE

Warungpring, Pemalang (21/01/23) ─ Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang ditransmisikan oleh vektor nyamuk betina Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Adanya perubahan iklim menyebabkan musim di Indonesia sulit diprediksi sehingga kasus DBD selalu ada dan cenderung mengalami peningkatan di sepanjang tahun. Penyakit DBD juga merupakan salah satu masalah kesehatan utama dikarenakan dapat menginfeksi semua kalangan umur, terutama anak-anak dan menyebabkan kematian khususnya pada anak-anak serta menimbulkan Kejadian Luar Biasa. 
WHO mencatat bahwa DBD termasuk beban global yang meningkat secara dramatis di seluruh dunia dalam dekade terakhir. Kasus DBD di Indonesia selama 3 tahun terakhir menunjukkan kasus yang meningkat. Pada tahun 2019, penderita DBD di Indonesia adalah sejumlah 138.127 kasus. Pada tahun 2020, tercatat penderita DBD sejumlah 108.303. Sedangkan pada tahun 2021, tercatat penderita DBD sejumlah 73.518 (WHO, 2020). Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi dengan kategori endemis untuk penyakit DBD. Pada tahun 2021, Provinsi Jawa Tengah menduduki urutan pertama untuk CFR DBD yaitu sebesar 2,71%. Hal tersebut melebihi batas yang ditetapkan pada target Strategi Nasional Penanggulangan Dengue yaitu < 1 % (Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2021).
Dari permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro 2022/2023 menyelenggarakan Sosialisasi mengenai Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue pada Sabtu, 21 Januari 2023. Kegiatan tersebut ditujukan kepada Siswa-Siswi kelas V SDN 3 Warungpring, Kecamatan Pemalang. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dengan pemberian edukasi mengenai definisi Demam Berdarah Dengue, ciri-ciri nyamuk Aedes Aegypti, tanda dan gejala DBD, serta langkah-langkah pencegahan DBD yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. 

Poster Demam Berdarah Dengue (Dokumen Pribadi)

Pemberian sosialisasi ini menggunakan media poster agar para siswa lebih mudah memahami dan mengerti informasi yang disampaikan. Selama keberjalanannya, para siswa sangat antusias dan bersemangat dalam berdiskusi.
Dengan diselenggarakannya sosialisasi ini diharapkan para siswa di SDN 03 Warungpring dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku mengenai pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue yang saat musim hujan mulai merebak. 
Penulis : Aisyah Izza Tamamila
DPL : Jenian Marin, ST, M. Eng. & Zaki Ainul Fadli., S.S., M.Hum
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Posted in Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *