CEGAH KARIES GIGI PADA ANAK! MAHASISWA UNDIP ADAKAN SOSIALISASI MENGENAI MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Warungpring, Pemalang (21/01/23) ─ Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Kesehatan gigi dan mulut penting untuk di rawat dan di jaga dengan sebaik mungkin. Apabila kurang dijaga dengan baik, maka dapat berisiko menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut. Penyakit gigi dan mulut merupakan penyakit masyarakat yang dapat menyerang semua kalangan, khususnya anak-anak. Anak usia sekolah mempunyai kebiasaan memakan makanan manis yang berisiko terjadinya karies gigi. Karies gigi merupakan penyakit kronis yang umum terjadi dan cukup tinggi pada anak usia sekolah dasar yaitu umur 6-11 tahun (CDC, 2020). Jika tidak ditangani dengan baik karies gigi dapat menyebabkan infeksi yang berkelanjutan.

Dokumen Pribadi

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Tahun 2018 menunjukkan prevalensi nasional masalah gigi dan mulut sebesar 57,6%. Karies gigi merupakan masalah kesehatan gigi yang cukup tinggi di Indonesia dengan prevalensi lebih dari 80%. Anak usia sekolah khususnya anak sekolah dasar merupakan kelompok yang rentan terhadap penyakit gigi dan mulut karena anak tersebut masih memiliki perilaku dan kebiasaan diri yang kurang sehingga berpengaruh terhadap kesehatan gigi.
Dari permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro 2022/2023 menyelenggarakan Sosialisasi mengenai Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Sabtu, 21 Januari 2023. Kegiatan tersebut ditujukan kepada Siswa-Siswi kelas III SDN 3 Warungpring, Kecamatan Pemalang. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dengan pemberian edukasi mengenai definisi kesehatan gigi dan mulut, definisi gigi, anatomi gigi, definisi karies gigi, penjelasan mengenai pencegahan gigi berlubang, serta langkah-langkah menyikat gigi secara baik dan benar. Program kerja ini dilaksanakan dengan metode ceramah dengan media yang digunakan dalam pemaparan materi yaitu PPT dan poster.

(Poster Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut)

Tujuan dari pemberian edukasi ini adalah meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan gigi dan mulut para siswa di sekolah dasar sehingga lebih aware terhadap keadaan gigi mereka. Upaya promotif dan preventif yang berhubungan dengan kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut harus diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini agar terhindar dari karies gigi dan infeksi gigi lainnya. Selama keberjalanan kegiatan, para siswa sangat antusias dan bersemangat dalam berdiskusi.
Dengan diselenggarakannya sosialisasi ini diharapkan para siswa kelas III di SDN 03 Warungpring dapat meningkatkan pengetahuan mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut serta dapat mengaplikasikan langkah-langkah menyikat gigi secara baik dan benar. 
Penulis : Aisyah Izza Tamamila
DPL : Jenian Marin, ST, M. Eng. & Zaki Ainul Fadli., S.S., M.Hum
Program Studi : Kesehatan Masyarakat
Posted in Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *